Inovasi Dalam Metode Pembayaran Efektif Tingkatkan Transaksi Penjualan Bisnis

 

Menjalankan sebuah bisnis pada dasarnya tidak semudah yang dibayangkan, dimana terkadang ada kalangan yang sudah sejak lama menggeluti bisnis, namun sering kali tidak ada peningkatan, bahkan cenderung mundur hingga mengalami kerugian. Hal yang dibutuhkan disini adalah melakukan inovasi, sehingga nantinya penjualan bisa lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya, diantaranya bisa dengan menggunakan pembayaran sistem cashless atau non tunai juga.

Bentuk-Bentuk Pembayaran Cashless

Tidak sedikit diantara pelaku bisnis yang transaksi penjualannya meningkat setelah ikut bergabung sebagai merchant dari bank BCA. Pada dasarnya ketika Anda bergabung sebagai merchant, memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya bisa menikmati fasilitas pembayaran yang lebih beragam, khususnya adalah dalam transaksi secara non tunai, seperti diantaranya adalah:

1. Memakai mesin EDC, EDC ini merupakan singkatan dari Electronic Data Capture, dimana merupakan sebuah alat yang nantinya dapat menghubungkan antara satu rekening dengan rekening yang lainnya dengan cara mudah, karena dapat membaca data yang ada pada kartu kredit maupun kartu debit. Selain itu juga mesin EDC ini bisa digunakan untuk menerima berbagai jenis transaksi yang lain, seperti pada EDC BCA yang dapat digunakan pada kartu Visa, MarterCard, Flazz, Dompetku dan sebagainya.

2. QRIS, bisa juga dengan jalan scan kode QR atau QRIS ini, banyak tentunya diantara Anda yang sudah tidak asing dengan QRIS ini. Mengingat begitu populer pasca kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi. Memungkinkan bagi setiap orang untuk melakukan transaksi pembayaran bahkan tanpa bersentuhan sama sekali, caranya adalah dengan scan kode yang dapat dihubungkan lewat mobile banking, e-wallet dan masih banyak lagi diantaranya.

Transaksi Cashless Bisa Meningkatkan Penjualan

Faktanya memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya kehadiran dari fitur pembayaran berbasis cashless ini nantinya akan membantu untuk meningkatkan penjualan, berikut ini beberapa alasannya, yaitu:

1. Target atau jangkauan konsumen menjadi lebih banyak, di era modern seperti sekarang ini memang tidak dapat dipungkiri jika seandainya banyak orang yang lebih memilih membayar sesuai secara cashless dibandingkan dengan tunai, mengingat memang perubahan zaman serta peran teknologi juga, khususnya yang terjadi pada anak muda. Jika masih bertahan dengan transaksi yang dilakukan secara manual atau cash maka bisa saja membuat konsumen Anda lama kelamaan nantinya akan hilang.

2. Memberikan kemudahan bagi konsumen, dengan menerapkan sistem pembayaran secara cashless sebenarnya Anda memberikan kemudahan untuk para konsumen, sehingga bebas untuk memilih jenis pembayaran sesuai dengan kebutuhan, ditambah lagi fakta bahwa hal ini juga bisa membantu konsumen untuk leluasa menyesuaikan dengan kondisinya. Sehingga lebih nyaman berbelanja di gerai atau toko Anda.

3. Pilihan transaksinya lebih beragam tidak hanya cash melainkan juga bisa cicilan, selanjutnya kehadiran dari metode pembayaran semacam ini juga akan memberikan konsumen pilihan sesuai dengan keinginan, manakah yang lebih meringankan. Contohnya ketika apa yang dijual adalah sesuatu yang harganya mahal seperti gadget maupun kendaraan, maka mau tidak mau harus menawarkan layanan secara cashless, jadi konsumen bisa memilih sendiri ingin bayar tunai atau kredit dengan mudah.

4. Konsumen merasa lebih aman membayar secara cashless, membayar secara tunai selain repot sebenarnya kurang aman, karena resiko untuk mengalami tindak kejahatan juga besar, apalagi jika harus membawa uang dalam jumlah yang besar, ditambah lagi resiko seperti halnya penyebaran uang palsu juga ada dalam transaksi yang dilakukan secara cash. Bukan hal yang baru lagi banyak yang lebih tertarik untuk melakukan transaksi berbasis cashless ini, mengingat keamanannya lebih tinggi.

Jangan ragu untuk Anda yang ingin bergabung sebagai merchant BCA dan nikmati transaksi penjualan  jadi lebih mudah dan cepat hasilnya. Persaingan yang ada di dunia bisnis nyatanya memang semakin ketat, sehingga ketika Anda tidak mau berinovasi untuk menciptakan hal yang baru, bisa saja nantinya posisi akan tergeser dengan kompetitor lainnya. Langsung saja Anda download aplikasi Merchant BCA tersebut untuk kemudahan pendaftaran. Apalagi jika dilihat semakin banyak yang menggunakan serta merasakan benefit pakai aplikasi Merchant BCA ini. 


15 komentar

  1. Menarik nih, karena sebenarnya tetap aja akan ada yang pro dan kontra soal pembayaran non tunai dan tunai. Kalau saya lebih seneng kalau si penjual terima pembayaran dgn scan QRIS. Kdg olahraga pagi, lupa bawa uang tunai tapi laper mata liat jajanan di toko jadul. Untunglah tokonya aja yg jadul, tp bisa scan QRIS. Jd setuju banget kl para pelaku bisnis bergabung sbg merchant BCA :)

    BalasHapus
  2. Bener banget mba...pembayaran cashless sekarang memang sangat diminati dan hal itu juga akan membantu mendongkrak penjualan juga sie menurutku karena pembeli jadi lebih leluasa menentukan sistem pembayarannya. Aku sendiri termasuk tim yg malas tarik tunai sebenarnya lebih memilih menggunakan qris karena berasa lebih praktis :)

    BalasHapus
  3. aku berharap kalau suatu saat punya usaha sendiri pengen pasang mesin EDC biar transaksi jadi lebih mudah, apalagi sekarang memang lebih banyak konsumen yang seneng cashless
    tapi kadang aku heran ada juga toko gede yang pasang mesin EDC tapi mengenakan biaya admin yang cukup gede

    BalasHapus
  4. BCA semakin didepan, eh maksudnya pembayaran cashles hehehehe.
    Agak bingung sebenarnya sama pembisnis sekarang kalau ada yang masih menerima tunai, karena itu retan banget dengan kebocoran keuangan.

    BalasHapus
  5. Inovasi pembayaran digital memang sangat memudahkan, baik bagi pelaku bisnis maupun konsumen. Saya sendiri lebih sering menggunakan pembayaran non-tunai karena lebih praktis dan aman. Semoga semakin banyak bisnis yang menerapkan metode pembayaran QRIS ini.

    BalasHapus
  6. Naaah aku paling seneng kalo pembayaran cashless. Mudah. Ga paham deh Ama penjual yg msh harus tunai, trus ga bisa TRF juga mba. Kan kesel. Mending kalo makanannya murah. Ini mahal. Dikira kita bawa duit jut jut-an di dompet. Masih adaaa yg begini, di Bogor salah satunya.

    Kalo dj Luar negeri aku memang lebih suka cash. Krn ga semua negara bisa pakai cashless. Dan ATM nya msh ada yg 4 angka utk pin. Mana bisa kepake ATM kita.

    Cuma kalo di negara sendiri, cashless lah.

    BalasHapus
  7. Setuju sih. Metode pembayaran cashless memang bisa meningkatkan penjualan. Contohnya nih, ada pembeli yang ingin beli di toko kita. Sayangnya dia tidak bawa uang tunai. Sehingga, kalau kita menyediakan pembayaran cashless maka dia akan tetap beli. Kalau tidak kan maka dia nggak jadi beli. Gitu kan ya

    BalasHapus
  8. Nah iyaa kak lebih enak cashless malahan ya karena penjual tidak usah bingung cari uang kembalian. Biasanya aku pake EDC sih dan EDC BCA ada di mana2.

    BalasHapus
  9. Hidup BCA! Selalu ada EDC BCA di mana2 dan jadi mempermudah berbelanja. Kalau penjual punya EDC atau QRIS juga mempermudah mereka karena tidak usah bingung cari kembalian.

    BalasHapus
  10. Betul banget, sangat penting inovasi dalam dunia bisnis. Apalagi terkait pembayaran dan transaksi. Aku tuh saat ini lebih suka ga pegang uang cash, bayar apapun lebih nyaman pake QRIS atau debet.

    Makanya paling happy misal jajan or belanja ke tenant yang menyediakan pembayaran cashless. Lebih praktis dan sat-set. Sebagai pengguna BCA, aku setuju nih sama inovasi BCA yang kian mantul. Beneran bisa diandalkan.

    BalasHapus
  11. Bener banget rata-rata sekarang pembayaran cashless ya mba, bisa debit atau QRIS. Lebih nyaman dan praktis juga, gak perlu bawa uang, gak usah ada kembalian. Makanya kalo punya usaha atau toko memang better punya alternatif pembayaran cashless juga ya.

    BalasHapus
  12. Iya sekarang kebanyakan merchant pakai Qris ya lebih praktis dan aman, tapi sebaiknya tetap menyediakan opsi pembayaran tunai yaa biar yang nggak ada kartu debet atau qris bisa bertransaksi

    BalasHapus
  13. Dulu awal-awal Transaksi Cashless ini aku rasa kayak merugikan banget, karena dompet digitalnya banyak dan potongannya dimana-mana. Tapi sejak sistem ini diberlakukan dimanapun, sekarang terasa kemudahannya. Apalagi menggunakan mesin EDC BCA yang bisa beberapa metode pembayaran. Jadi kelewat nyaman, hehehe..

    BalasHapus
  14. Sekarang saya terbiasa dengan pembayaran cashless karena praktis, ga repot harus hitung uang dan cek kembalian. Dan bisa kontrol dan cek pengeluaran

    BalasHapus
  15. Pembayaran digital makin banyak jenisnya yah. Sebagai generasi baby boomers, saya belum terbiasa memakai pembayaran digital, masih suka pakai uang tunai untuk segala jenis transaksi, padahal itu sangat membantu kan?

    BalasHapus